Kamis, 12 Oktober 2017

Cara Cek Saldo BPJS dengan Mudah dan Benar

Gisella Preswita

Cara Cek Saldo BPJS - Jika dahulu ada Jamsostek sebagai pelayanan asuransi kesehatan bagi tenaga kerja, kini Jamsostek telah bertransformasi menjadi BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.Sejak tanggal1 Januari 2014 silam, sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terbaru resmi diberlakukan di Indonesia.


Oleh karena itu, sesuai dengan ketentuan dalam Undang Undang Ketenagakerjaan, semua elemen pekerja Indonesia harus menggunakan dan memiliki layanan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini dilakukan dalam rangka perlindungan kepada pekerja dari risiko terkait kesehatan dan keselamtan kerja, jaminan hari tua, dan segala manfaat lainnya.

Bagi Anda pekerja pengguna BPJS, sekarang anda bisa mengecek saldo BPJS Anda secara langsung. Anda tidak perlu menunggu selama setahun untuk mendapatkan surat resmi terkait jumlah saldo BPJS yang sudah Anda terima.

Cara Cek Saldo BPJS


Ada beberapa cara cek saldo BPJS yang bisa Anda lakukan secara mandiri baik melalui cara konvensional hingga cara paling modern (menggunakan koneksi internet). Nah, berikut beberapa cara cek saldo BPJSyang bisa Anda terapkan:

1. Cara cek saldo BPJS dengan mengunjungi Kantor BPJS secara langsung

Bagi Anda yang memiliki koneksi internet yang buruk di rumah, Anda bisa mengecek saldo BPJS Anda dengan cara mengunjungi kantor BPJS terdekat secara langsung. Temuilah petugas pelayanan BPJS dan tanyakan jumlah saldo BPJS Anda dengan cara menyebutkan nomor akun Anda. Anda juga bisa menunjukkan kartu BPJS yang telah Anda bawa. Selanjutnya, petugas BPJS akan mengecek akun Anda berdasarkan kartu dan nomor yang telah Anda tunjukan untuk selanjutnya mencetak saldo yang ada dalam akun Anda.

2. Cara cek saldo BPJS lewat SMS

Cara cek saldo BPJS lewat SMS merupakan cara termudah dan tersimple. Hanya bermodalkan pulsa SMS dan smartphone di rumah, Anda sudah bisa mengetahui jumlah saldo BPJS Anda. Sebelumnya, harap mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akses no ID Anda. Cara registrasi adalah dengan mengetikkan format ‘REG#No.BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung’ lalu kirim ke nomor 08111009696. Setelah register dan mendapatkan nomer ID, Anda bisa melakukan pengecekan saldo dengan format sebagai berikut ‘Saldo#Nomor ID Anda’ dan kirimkan ke 08111009696. Setelah itu tunggu beberapa menit dan SMS berisi saldo BPJS Anda akan segera sampai.

 

Cek Nomor

Cek Kuota

Cek Pulsa

Cek Bonus